Skip to main content

Kegiatan Pembiasaan di SMK Negeri 1 Watulimo


SMK Negeri Watulimo “ KITA” ini adalah yel-yel yang selalu terucap saat apel pagi maupun kegiatan sekolah lainnya  memiliki makna karakter, ilmu, terampil dan adaptif. Yel-yel tersebut bukan sekedar ucapan tapi sebagai penyemangat taruna-taruni untuk terus memupuk potensi dirinya, sehingga tamatan SMK NEGERI 1 Watulimo benar-benar memiliki “KITA”.

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Dimana pembentukan karakter perlu dikembangkan di dunia pendidikan untuk mengatasi krisis moral generasi penerus bangsa. Hal tersebut dikembangkan menjadi kegiatan pembiasaan di SMK Negeri Watulimo  diantaranya apel pagi dan apel siang, berdoa sebelum pembelajaran dan sesudah kegiatan pembelajaran, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya,membaca Surat Yasin dan literasi. Adapun tujuan dan manfaat dari masing-masing kegiatan adalah:


1.     Apel pagi dan apel siang

Apel pagi dan apel siang wajib diikuti oleh seluruh  taruna-taruni dan juga Bapak/Ibu Guru SMK Negeri  1 Watulimo. Apel pagi dimulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 07.15 WIB, sedangkan apel siang  dilaksanakan pukul 14.00-14.15 WIB.  Kegiatan apel pagi diantaranya adalah absensi taruna taruni sebagi pendataan jika ada taruna-taruni yang terlambat dan sebagai dasar pemberian saksi. Apel pagi juga digunakan sebagai tempat untuk menyampaikan pengumuman yang sifatnya umum untuk seluruh taruna-taruni baik tingkat X, XI dan XII. Dengan adanya kegiatan ini dan adanya tindak lanjut yang diberikan oleh pihak kesiswaan bisa meningkatkan kesiplinan dan mengurangi tingkat keterlambatan siswa. Kebiasan ini harus di miliki taruna taruni  sampai kapanpun terlebih lagi setelah memasuki dunia kerja/dunia industri dimana kedisiplinan menjadi modal yang utama.

2.     Doa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran.
Untuk mengajarkan kepada  taruna taruni bahwa untuk mengawali kegiatan apapun harus berdoa karena keberhasilan ada bersama doa-doa yang dipanjatkan. Ini mengajarkan kepada taruna taruni pentingnya rasa syukur dengan segala yang diraih, dan tidak putus asa dengan kegagalannya.

3.     Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
Untuk menanamkan rasa  cinta sebagai pada bangsa Indonesia serta untuk memupuk rasa patriotisme taruna-taruni SMK Negeri 1 Watulimo.

4.     Membaca Surat Yasin
Kegiatan membaca Surat Yasin dilakukan setiap hari jumat bertujuan untuk meningkatkan rasa iman taruna taruni kepada Allah SWT, dan juga memupuk generasi muda yang cinta AL Quran, dan menjadikan kegiatan baca Al-Quran sebuah kebiasaan. 

5.     Literasi
Salah satu program dalam kurikulum pendidikan 2013 adalah adanya gerakan literasi sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca sehingga membaca buku bisa menjadi kegiatan rutinitas yang disukai anak-anak. Literasi ini dilakukan setiap hari sebelum pembelajaran di mulai selama 15 menit.
Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar