Skip to main content

Diklat Taruna Baru Tahun 2017

SMK Negeri 1 Watulimo melaksanakan kegiatan Diklat Taruna Baru Tahun Pelajaran 2017/2018, Diklat Taruna Baru adalah Layanan Orientasi Sekolah (LOS), yang difokuskan pada pembentukan karakter disiplin bagi peserta didik, kedisiplinan mutlak dibutuhkan dalam berbagai hal utamanya dalam dunia pendidikan.  Karakter disiplin peserta didik ini diperlukan utamanya dalam menghadapi persaingan pasar bebas MEA.

Kegiatan Diklat Taruna Baru tahun 2017 ini dilatih oleh tim dari Kesatuan Polisi Perairan dan Udara Polda Jatim yang ada di Trenggalek.  Diklat Taruna Baru/LOS pada SMK Negeri1 Watulimo memang berbeda dengan LOS yang ada di sekolah lain hal ini karenakan SMK Negeri 1 Watulimo fokus pada bidang Kemaritiman (Perikanan dan Kelautan), yang mana bidang kemaritiman dan kelautan ini mempunyai tuntutan kedisiplinan yang tinggi, disamping itu kedisiplinan adalah tuntutan dunia industri baik dalam dan luar negeri, utamanya ke duni kerja Jepang, Korea dan taiwan.

Sebagaimana petunjuk teknis Kegiatan LOS dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang melarang adanya perploncoan dan pembullyan, SMK Negeri 1 Watulimo sudah melaksanakan Diklat Taruna Baru tanpa perploncoan dan bully dari kakak tingkat.  Adapun tujuan dari Diklat Taruna baru adalah sebagai berikut :

  1. Pembinaan Kedisiplinan Taruna;

  2. Pembentukan Karakter Kebangsaan dan cinta Tanah air;

  3. Pengenalan Lingkungan Sekolah;

  4. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru;

  5. Mengembangkan interaksi positif antarsiswa dan warga sekolah lainnya;

  6. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.


 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar